Rabu, 29 Oktober 2008

CARA MUDAH CIPTA 'PERSONAL BLOG'

Menjawab banyak pertanyaan cara bikin blog..

Saya coba untuk jawab beberapa pertanyaan teman-teman.
Bukan bererti saya pintar tapi saya cuma kebetulan boleh aja dan caranya pun nggak sesulit yang kita bayangin.

Caranya gini :

Buka alamat http://blogger.com/ maka akan muncul halaman seperti dibawah ini. Atau kalian daftar lewat my blog aja, lewat blog siapa saja juga sama, hanya ini cara yang paling mudah menurut saya.

Kemudian untuk memulai pembuatan blog klik aja tulisan "CIPTAKAN BLOG ANDA" atau "CREATE YOUR BLOG NOW" Terus anda akan masuk halaman spt ini n Silakan isi data yang diminta - Isi alamat email - Password yang akan digunakan untuk masuk ke blog kalian adalah password email - Nantinya nama tampilan : nama judul blog anda, dst.. Kalau sudah terisi semua cari tanda panah orange, klik disitu

Selanjutnya anda akan masuk pada halaman kedua (seperti gambar dibawah ini), seperti pada halaman pertama, isi semua data yang diminta.

isi Blog Title : ini nama judul blog kalian, mau bikin apa aja terserah mau bikin "Diary harian" atau isi nama kalian juga boleh juga.

Blog Address : ini alamat url blog yang akan diinginkan nantinya..contoh saya misalnya "abangboyc.blogspot.com". Oiya ada baiknya untuk mengecek apakah nama blog yang anda inginkan sudah digunakan orang lain apa belum

Setelah kalian isi nama blog, klik tulisan " check avability"kemudian isi code verifikasiklik continue.

Anda sekarang sudah memiliki sebuah blog, mudah n cepat kan..

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini..Chose a Template : Maksudnya anda dipersilakan untuk memilih template yang anda inginkan, senangnya kalau anda sering pakai winamp ini adalah pemilihan skin-nya, kalaupun nantinya kalian dah bosan template ini boleh kalian ganti. Tandai template yang anda inginkan, kemudian klik simbol continue

Selesai. Secara rasmi anda sudah memiliki blog sekarang..

Kalau ingin mencuba posting silakan klik start posting..

Dan anda boleh langsung tulis artikel dan judul pada kotak yang telah disediakan, lalu kalau mahu tambah dengan gambar tinggal klik di bahgian "add image" dengan ikon kotak biru, letaknya ada di kanan atas di bawah tulisan "edit html" di sebelah kanan tanda centang dengan huruf abc, selanjutnya ikuti petunjuk yang ada seperti anda kirim attachment file di email.

Foto atau gambar yang kalian boleh ambil dari website atau dari file di komputer kalian. Atau jika terlalu lama, anda bisa tingal "copy-paste" artikel dalam format ms word dengan mem-blok seluruh tulisan di ms word terus pindahkan di kotak posting blog tersebut. cubalah untuk meng klik seluruh item yang ada, jangan takut salah kerana ini hanya masalah memahami manajemen desain saja.

Kalau sudah yakin dengan artikel yang mau ditampilkan di blog, jangan lupa klik "preview" dulu agar yakin bagaimana format tampilan nantinya, trus klik "publish" dengan terlebih dulu memasukkan kata sandi yang telah disediakan. Atau jika diketik langsung di layar blog dan tulisan belum selesai, bisa kamu klik "save as a draft". Biasanya perlu waktu beberapa menit sampai desain dan artikel keluar pada layar utama.

Jika mau masuk lagi, coba klik nama blog anda, misalnya abangboyc.blogspot.com, nah jika sudah tampil layar berisi nama blog, silakan masukkan username dan password yang telah dipilih untuk blog di bahgian atas pojok kanan [biasanya], kalau sudah masuk, kamu klik "new post" untuk membuat dan menampilkan artikel atau tulisan2 mu atau "change setting" untuk memperbaiki setting atau tampilan blog atau "edit profile" untuk mengisi data-data baru tentang kalian... lain2nya silakan bereksperimen sendiri... mudah je...(jangan lupa klik signout di sudut kanan atas jika kamu mau menutup kerjaan di blog, sama kalau mahu keluar dari email, supaya orang lain tidak masuk)

SELAMAT MENCOBA.


1 ulasan:

zainal89 berkata...

nak buat cam ni ye. time kasih ye aja aku